Publik Relation, Tugas Besar Dibalik Sebuah Kesan Hangat

Public Relation adalah bagian yang saat ini tidak dapat dipisahkan dari sebuah perusahaan. Pencitraan, reputasi, nama, bahkan sampai perspektif publik ada ditangan seorang Public Relation. Setiap perusahaan tentunya memiliki setidaknya sebuah tim Public Relation. Meskipun departemen Public Relation terkadang dijadikan satu bagian dengan departemen lain (mis: Marketing, Human Resource), namun tetap, Public Relation memiliki peran penting untuk menjaga kestabilan perusahaan.

PR cenderung dikenal sebagai seseorang yang berpenampilan menarik, memiliki jiwa yang bersahabat, santai, menyenangkan, dan hangat. Terkadang kesan yang menggunakan penginderaan seperti ‘wangi’, eye catching, dan glamor juga melekat. Namun, dibalik penampilan – penampilan tersebut, apa sebenarnya tugas PR? Apa yang membuat mereka memiliki kesan seperti diatas?

Berada di lini depan perusahaan, membuat Public Relation memiliki banyak tugas ‘spesial’ yang mengharuskan mereka untuk berhadapan langsung dengan banyak pihak. Tugas – tugas seperti berhubungan dengan publik internal, untuk membahas mengenai bagaimana meningkatkan kinerja perusahaan dan publik eksternal seperti pada pemegang saham agar mereka terus menjadi bagian dari perusahaan, merupakan hal yang sudah tidak asing berlalu – lalang di deretan list tugas seorang PR. Berhubungan dengan media baik cetak maupun elektronik dan membuat release mengenai perusahaan, sudah harus dikuasai oleh seorang PR yang baik. Biasanya, dibalik sebuah release, PR akan menyelenggarakan konfrensi pers agar publik dapat lebih memahami suatu keadaan perusahaan tersebut. Kesiagaan 24 jam saat dihubungi oleh media juga merupakan salah satu tugas seorang PR. Ya, PR harus selalu siap menjadi barrier untuk perusahaan.

Reputasi perusahaan juga ditentukan oleh bagaimana kinerja dari PR perusahaan tersebut. Pembentukan kepercayaan oleh publik akan produk dari suatu perusahaan melibatkan berbagai hal. Kualitas memang menentukan, namun penyampaian dalam perkenalan produk seperti iklan, promosi, dan value sangat berpengaruh terhadap keputusan para konsumen saat sedang dalam masa ‘memilih – milih’ produk.

Bagaimana dengan citra? Banyak orang yang memandang pencitraan secara sebelah mata. Bahkan, tidak jarang kita mendengar kata – kata seperti “halah itu kan sekedar pencitraan” . Memang, pencitraan yang tidak dikemas secara baik dan tidak didukung oleh fakta – fakta nyata menyebabkan orang meremehkan pencitraan. Inilah tugas PR, mengolah data secara kreatif, menyajikan fakta yang mengundang perhatian publik, dan menyampaikan dengan dasar teknik komunikasi tertentu.

Citra baik yang melekat pada suatu perusahaan akan membuat perusahaan tersebut memiliki peluang untuk menjadi lebih unggul di level business to business.

Perusahaan tentunya pernah mengalami hal yang tidak menyenangkan, seperti saat diterpa oleh isu – isu yang negatif. PR memiliki hak untuk membela perusahaannya, ada hak bernama “hak jawab” yang dapat membantu perusahaan memulihkan nama baiknya. Sayangnya, hak ini merupakan pisau bermata dua. Di satu sisi, dapat sangat membantu jika PR menggunakannya secara tepat. Namun, apabila PR memberikan jawaban yang salah, hal ini dapat menyebabkan publik semakin bertanya – tanya dan ragu akan kapabilitas perusahaan tersebut.

Selain PR perusahaan, ada juga PR yang bergerak di bidang konsultasi. Tugasnya adalah memberikan pemecahan masalah kepada kliennya (perusahaan yang berkonsultasi) akan masalah – masalah mulai dari yang berbasis PR sampai solusi atas korelasi produk dengan keadaan pemasarannya.

Inilah Public relation! Wewangian dan penampilan menarik memang tidak dapat ditanggalkan dari figur ini. Namun, tugas mereka pun tidak sederhana. Tekanan pasti ada, namun dengan dasar tanggung jawab, kreatifitas, dan integritas, yang merupakan bagian penting dari diri seorang public relation, kesulitan – kesulitan yang dihadapi dapat dilalui dengan baik dan sempurna.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s